Tips Merawat Laptop Supaya Panjang Umur

Laptop merupakan barang pribadi yang saat ini hampir setiap orang punya. Karena fungsinya sebagai alat bantu untuk mengerjakan tugas-tugas seperti pekerjaan,tugas sekolah, riset, dan kebutuhan ilmiah lainnya yang membutuhkan tenaga komputer.

Seiring berjalannya waktu laptop yang tidak terawat, nantinya akan semakin memperpendek umur. Karena tidak dirawat dari segi baterainya, pemakaiannya yang joorok dan kebiasaan lain yang sifatnya buruk.

Tips merawat laptop

Untuk itu perlu tips tepat dan berdaya guna supaya laptop tetap awet, dan secara performa mantap. Meskipun punya laptop jadul tetapi sering dirawat, secara kemampuan akan sama kok dengan laptop keluaran jaman sekarang.

Lalu seperti apa cara merawatnya?

Cara Merawat Laptop Supaya Berumur Panjang

  • Ventilasi Udara

Ventilasi udara pada perangkat Laptop juga sangat penting karena mampu mengatur sirkulasi udara pada bagian dalam perangkat. Rajin-rajin lah membersihkan setiap ventilasi yang terdapat pada Laptop agar sirkulasi udara tetap lancar dan meminimalisir terjadinya overheat atau panas berlebih pada komponen Laptop kamu.

  • System Restore

Bukan hanya dari sisi Hardware tapi dari sisi Software kamu harus merawat perangkat Laptop kesayangan mu. Untuk merawat Laptop dari sisi Software kamu bisa melakukan peng-aktifan pada sistem restore. Caranya adalah klik kanan pada ikon desktop computer kemudian properties, pilih tab system restore kemudian hilangkan tanda ceklis pada pilihan “Turn off system restore on all drivers”.

  • Shut Down Sesuai Prosedur

Proses mematikan pernagkat atau Shut Down merupakan salah satu proses yang sangat penting namun seringkali diremehkan oleh sejumlah pengguna. Kadang para pengguna tidak sadar jika proses mematikan perangkatnya tidak sesuai prosedur yang seharusnya. Lakukan shutdown melalui menu yang telah tersedia pada menu start.

Bagi yang belum merasa punya alat bantu untuk membantu pekerjan coba lihat laptop bagus

  • Uninstal Program

Hal ini juga kadang dilihat sebagai hal yang cukup sepele tapi ketahuilah jika menumpuknya aplikasi dan program pada Laptop membuat performa Laptop tersebut menurun cukup drastis. Penumpukan aplikasi dan program ini tentunya mengurangi space yang harusnya kosong pada komponen Harddisk. Penumpukan ini dapat membuat proses kerja Harddisk menjadi berat dan berpengaruh kepada kinerja Laptop yang akan menjadi lambat dan tidak menutup kemungkinan akan sering terhadi hang.

  • Menyalakan Laptop Tanpa Baterai.

Ketika tegangan listrik tidak stabil dan masuk kedalam perangkat Laptop, hal ini dapat langsung berpengaruh kepada komponen-komponen Laptop terutama komponen kelistrikan. Tidak jarang Laptop mengalami kerusakan karena hal ini, rata-rata arus listrik tidak stabil ini membuat komponen – komponen pada Laptop konslet dan rusak.

Selain berbahaya bagi komponen dalam Laptop, data pada Harddisk pun ikut terancam jika kamu sering melakukan kebiasaan ini. Ketika arus listrik tidak stabil atau listrik padam maka perangkat Laptop akan mati seketika. Jika hal ini sering terjadi Harddisk akan cepat rusak atau mengalami bad sector dan data yang terdapat di dalam Harddisk bisa saja ikut rusak.

Merawat laptop tidak semudah yang kita baca pada artikel ini, karena kita butuh praktek. Jadi jangan kelamaan bacanya ya segera lakukan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s