Tips Membawa Laptop Ketika Hujan

Jika melihat kondisi cuaca akhir – akhir ini bisa di bilang sedikit tidak menentu, hujan sering datang secara tiba – tiba. Hal tersebut pasti membuat anda sangat was – was apalagi jika anda membawa perangkat mobile seperti Laptop, Pc Tablet dan perangkat – perangkat lainnya. semua perangkat tersebut tentunya sangat rawan sekali rusak jika sampai terkena air.

Meskipun saat ini sudah ada perangkat yang di desain tahan air namun perangkat – perangkat tersebut masih bisa di hitung dengan jari. Dan meskipun ada tentu harga dari perangkat mobile tahan air tersebut memiliki harga yang cukuo mahal. Bagaimana caranya agar anda tetap dapat menjaga perangkat – perangkat kesayangan anda ketika terjadi hujan ? saya memiliki sedikit tips singkat tentang permasalahan ini, cara – cara di bawah ini mungkin dapat anda aplikasikan ketika anda berada di ruangan terbuka, baik itu sedang mengendarai motor, berjalan kaki atau pun melakukan aktivitas di luar lainnya.

1. Rain Cover

Cover ini akan melindungi bagian depan tas Anda beserta isinya. Sayangnya, saat dalam keadaan terpakai, bagian yang menempel ke punggung tidak terlindungi. Kemungkinan besar, air akan merembes ke bagian dalam tas sehingga Anda perlu memberikan perlindungan ekstra. Rain cover ini dapat dibeli di toko yang menjual peralatan outdoor. Harga yang ditawarkan untuk satu rain cover bervariasi, mulai dari Rp50.000,- hingga Rp150.000,-. Meskipun bagian tali pengikat pundak tetap basah namun bagian utama tas dan isinya tidak akan basah sedikit pun.

2. Zip Lock Bag/Plastik Clip

Plastik clip merupakan alat yang murah dan sangat efektif. Plastik jenis ini biasanya dapat ditemukan di pasar swalayan dan digunakan untuk membungkus makanan dalam berbagai ukuran. Anda akan menemukan banyak plastik dalam satu paket sehingga Anda akan memiliki banyak cadangan. Pilihlah sesuai dengan ukuran yang diperlukan dan memiliki bahan yang tebal dengan pengunci clip yang kuat. Plastik clip ini merupakan barikade kedua bila tas Anda tertembus guyuran air hujan. Sebagai catatan, plastik ini tentunya berbeda dengan plastik biasa. Plastik clip memiliki zip penutup yang mampu menahan air.

3. Lepaskan Baterai

Sebelum memasukkan Laptop ke dalam tas atau plastik clip, ada baiknya melepas baterainya terlebih dahulu untuk memastikan tidak terjadi hubungan arus pendek yang berakibat kerusakan bila barikade tetap tertembus air karena rusak atau robek. Biasakan membawa perangkat mobile Laptop dalam keadaan mati, jangan dalam keadaan hibernate atau sleep karena dalam keadaan itu, mata hard disk tidak dalam keadaan aman.

 

Google +

Source : http://kliknklik.com/blogs/tips-membawa-laptop-ketika-hujan/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s